RPKPS Teori Belajar Bahasa

September 16th, 2012 Leave a comment Go to comments

RENCANA PROGRAM KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER (RPKPS)
FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS BRAWIJAYA

Matakuliah/sks : Teori Belajar Bahasa
Kode : SPI 4117
Program Studi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Dosen : Didin Widyartono, S.S., S.Pd, M.Pd/Nia Budiana, S.Pd.

Deskripsi Singkat Matakuliah:
Materi mata kuliah teori belajar bahasa membahas pembelajaran bahasa, teori belajar bahasa, metode belajar bahasa,

Kompetensi yang Diharapkan dari Mahasiswa
Secara garis besar, mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan menulis. Kompetensi ini dapat dijabarkan berikut ini.

  1. Mahasiswa memahami pembelajaran bahasa: tipe pembelajaran bahasa, sejarah pembelajaran bahasa, hipotesis-hipotesis pembelajaran bahasa, faktor-faktor pembelajaran bahasan kedua, transfer dan interferensi.
  2. Mahasiswa memahami landasan linguistik (aliran strukturalisme, transformatif-generatif) dan landasan psikologi (aliran kognitivisme, behaviorisme) pembelajaran bahasa
  3. Mahasiswa memahami teori belajar bahasa: pandangan behavioristik, nativistik, kognitivistik, dan kontrukstivistik
  4. Mahasiswa memahami pemerolehan bahasa di dalam kelas: metode pengajaran bahasa, teknik pengajaran, metodologi dan kecermatan berbahasa, kecermatan tata bahasa dan pengucapan, prosedur koreksi kesalahan.
  5. Mahasiswa memahami perbedaan antarpembelajaran bahasa: faktor pembelajaran bahasa, proses akuisisi, gaya belajar, strategi pembelajaran, strategi komunikasi, sikap, motivasi, dan kecemasan pembelajar.
  6. Mahasiswa memahami metode pembelajaran bahasa yang terfokus pada metode langsung, komunikatif, alamiah, suggestopedia, eklektik
  7. Mahasiswa memahami model pembelajaran bahasa Indonesia: communicative learning, cooperative learning, contextual teaching learning
Informasi lengkap, silakan unduh berkas berikut: RPKPS_Teori_Belajar_Bahasa!
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.
CAPTCHA Image
*